Minggu, 21 Maret 2010

Emailku Dipake Buat Menipu

Sabtu siang saya dapat sms dari seorang kawan di kota lain, menanyakan keberadaan saya, saya pun segera menelponnya, rasanya kok tumben-tumbenan menanyakan keberadaan saya di mana, pendek cerita dia pun mengabarkan kalau email saya sudah digunakan orang lain untuk meminta sejumlah uang kepada semua orang yang alamat emailnya tersimpan di contact email saya, astagafirullah, …

Saat itu juga saya segera membuka internet untuk membuka email, ternyata email account saya sudah gak bisa di akses lagi, setelah saya utak-atik di bantuan pasword akhirnya kena blokir selama 24 jam.

Minggu siang kemudian kembali saya buka email account saya, setelah melalui proses verifikasi, akhirnya account saya aktif kembali setelah ganti pasword. Setelah terbuka di inbox saya sudah terkirim beberapa email forward dari beberapa teman, tentang email si penipu itu, lengkapnya saya posting di bawah ini bentuk email tersebut.

— Pada Jum, 19/3/10, ichwan kalimasada menulis:

Dari: ichwan kalimasada
Judul: Urgent!!
Kepada:
Tanggal: Jumat, 19 Maret, 2010, 10:08 AM
Sorry to disturb with this mail but I’m out of the country in London and found myself in a situation which I really need to take care of now. I need you to loan me $2000 to pay up my bills and leave here asap. I will explain better and refund you immediately I get back. If you can help out with the money or whatever amount you can come up with. Send it via Western Union Money transfer to my details below. please get back to me ASAP.

Ichwan kalimasada
7 Clarissa Street
London
E8 4hl

I will really appreciate if you get back to me as soon as you get this email.
Also, keep this between us.
Thanks

Tampilan email tersebut nampak seperti email dan pengirimnya dilakukan oleh saya sendiri, namun jika email itu di replay atau dibalas melalui email tersebut, maka yang nampak alamat email adalah ‘kalmasada07@yahoo.com’ tanpa huruf (i) seperti alamat email yang saya miliki.

Pengalaman ini atau modus penipuan ini bukan hal baru lagi bagi yang sering mangkal di dunia maya, namun semoga tulisan ini bisa sekedar mengingatkan bagi teman-teman lain agar bisa menjaga dengan baik account yang dimiliki dengan melengkapi data verifikasi yang sangat mudah di ingat.

Terima kasih buat para kompasianer Bung Andika (Rudi esape), Lily Meynovatan, Ahmad zainul, yang sudah sigap memberitahukan hal ini kepada saya dan beberapa teman lain yang memberi informasi via sms.

Tulisan ini juga sebagai klarifikasi bahwa kiriman email tersebut adalah penipuan dari seseorang/anonim yang entah berada di mana, dan bukan dilakukan oleh saya. Wallahualam.

godgoodness for you

Tidak ada komentar:

Posting Komentar